"Kreativitas Itu Jalan-Jalan" Live Instagram Resume
Kreativitas itu
Jalan-Jalan merupakan sebuah tema Live instagram yang dilakukan oleh bapak Rama
Kertamukti selaku Dosen program studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, tak
sendiri beliau bersama dengan temannya yang bernama Anggiat Hutagalung yang
menjabat sebagai ex-brand dan creative manager Air Asia. Live tersebut
dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Mei 2020 pada pukul 16.00 WIB. Dalam Live
tersebut pembahasan mengarah kepada hal-hal menarik pada profesi Anggiat
Hutagalung.
Anggiat
Hutagalung juga sempat menempati posisi sebagai Ex-Sr brand manager Citilink,
Blibli.com, dll. Namun beliau meninggalkan posisi tersebut dengan alasan ingin
mengekspor lebih jauh brand-brand yang lain. Ia mengatakan bahwa seorang
Creative itu harus menanamkan dalam otak bahwa kita sebagai pebisnis. Mengapa demikian?
Karena dengan begitu kita akan bisa mengerjakan project tersebut dengan serius
dan maksimal. Tak hanya mindset, kita juga perlu untuk meningkatkan literasi
kita dengan membaca mengenai ekonomi, politik, sastra, atau yang lainnya.
Selain dari diri
kita sendiri, kita pun perlu untuk memahami kompetitor yang mana akan menjadi
lawan kita dalam berbisnis.
Persiapan-persiapan
yang dilakukan dalam proses edukasi sebuah brand itu ada 2, yaitu literatur
data dan menentukan komunikasi yang digunakan seperti apa. Literatur data ini
mencakup dari hal-hal apa saja yang akan dijadikan konsumen kita atau
targeting, brand produk yang kita bangun itu seperti apa, dll. Sedangkan menentukan
komunikasi itu kita sebagai creative harus bisa berkomunikasi dua arah atau
timbal balik. “don’t be a brand, be a friend” tuturnya.
Sebuah brand itu
sama seperti seseorang makhluk hidup yang tumbuh dan akan berkembang sampai
pada usia yang akan ditentukan. Kita harus bisa menarik perhatian dari konsumen
dan brand tersebut bisa melekat di hati konsumen.
Perbedaan antara brand lokal dengan brand internasional sendiri lebih kepada budget. bagaimana bisa budget? ya, jika brand internasional memiliki budget yang besar dan tidak mempermasalahkan mengenai budget, namun brand lokal lebih ke menyesuaikan budget yang tersedia.
portofolio dari Anggiat Hutagalung yang paling berkesan ialah saat berada di Air Asia, dimana waktu itu Air Asia memiliki keinginan untuk meningkatkan penjualannya, namun dikarenakan adanya accident maka kami dengan tim berinisiatif merubah logo Air Asia menjadu abu-abu dimana berarti emosional harus dijaga. Tak lupa pula beberapa tagar #TogetherWeStand mengajak audiens yang melihat untuk bisa merubah logo menjadi merah seperti sedia kala, tuturnya.
Sebuah brand itu merupakan sebuah inspirasi yang terjadi dalam kehidupan konsumen, oleh karena itu kita sebagai creative membentuk suatu brand dengan mendengarkan apa yang konsumen inginkan, bukan apa yang kita inginkan. apa yang harus dilakukan? yaitu dengan melakukan FGD atau diskusi dengan konsumen agar tujuan dapat tercapai.
Tips untuk menjangkau Audience ada 2, yaitu Strategic Thinking (menjelaskan strategi atau objective kita) dan menentukan model bisnis yang akan dilakukan. Jangan ragu memulai bisnis dari awal, pesannya :
1. belajar berpikir strategis
2. tambah wawasan, literasi dan relasi
3. passion
Komentar
Posting Komentar