"Kreativitas Itu Jalan-Jalan" Live Instagram Resume


Kreativitas itu Jalan-Jalan merupakan sebuah tema Live instagram yang dilakukan oleh bapak Rama Kertamukti selaku Dosen program studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, tak sendiri beliau bersama dengan temannya yang bernama Anggiat Hutagalung yang menjabat sebagai ex-brand dan creative manager Air Asia. Live tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Mei 2020 pada pukul 16.00 WIB. Dalam Live tersebut pembahasan mengarah kepada hal-hal menarik pada profesi Anggiat Hutagalung.

Anggiat Hutagalung juga sempat menempati posisi sebagai Ex-Sr brand manager Citilink, Blibli.com, dll. Namun beliau meninggalkan posisi tersebut dengan alasan ingin mengekspor lebih jauh brand-brand yang lain. Ia mengatakan bahwa seorang Creative itu harus menanamkan dalam otak bahwa kita sebagai pebisnis. Mengapa demikian? Karena dengan begitu kita akan bisa mengerjakan project tersebut dengan serius dan maksimal. Tak hanya mindset, kita juga perlu untuk meningkatkan literasi kita dengan membaca mengenai ekonomi, politik, sastra, atau yang lainnya.
Selain dari diri kita sendiri, kita pun perlu untuk memahami kompetitor yang mana akan menjadi lawan kita dalam berbisnis.

Persiapan-persiapan yang dilakukan dalam proses edukasi sebuah brand itu ada 2, yaitu literatur data dan menentukan komunikasi yang digunakan seperti apa. Literatur data ini mencakup dari hal-hal apa saja yang akan dijadikan konsumen kita atau targeting, brand produk yang kita bangun itu seperti apa, dll. Sedangkan menentukan komunikasi itu kita sebagai creative harus bisa berkomunikasi dua arah atau timbal balik. “don’t be a brand, be a friend” tuturnya.
Sebuah brand itu sama seperti seseorang makhluk hidup yang tumbuh dan akan berkembang sampai pada usia yang akan ditentukan. Kita harus bisa menarik perhatian dari konsumen dan brand tersebut bisa melekat di hati konsumen.


Perbedaan antara brand lokal dengan brand internasional sendiri lebih kepada budget. bagaimana bisa budget? ya, jika brand internasional memiliki budget yang besar dan tidak mempermasalahkan mengenai budget, namun brand lokal lebih ke menyesuaikan budget yang tersedia.
portofolio dari Anggiat Hutagalung yang paling berkesan ialah saat berada di Air Asia, dimana waktu itu Air Asia memiliki keinginan untuk meningkatkan penjualannya, namun dikarenakan adanya accident maka kami dengan tim berinisiatif merubah logo Air Asia menjadu abu-abu dimana berarti emosional harus dijaga. Tak lupa pula beberapa tagar #TogetherWeStand mengajak audiens yang melihat untuk bisa merubah logo menjadi merah seperti sedia kala, tuturnya. 

Sebuah brand itu merupakan sebuah inspirasi yang terjadi dalam kehidupan konsumen, oleh karena itu kita sebagai creative membentuk suatu brand dengan mendengarkan apa yang konsumen inginkan, bukan apa yang kita inginkan. apa yang harus dilakukan? yaitu dengan melakukan FGD atau diskusi dengan konsumen agar tujuan dapat tercapai.

Tips untuk menjangkau Audience ada 2, yaitu Strategic Thinking (menjelaskan strategi atau objective kita) dan menentukan model bisnis yang akan dilakukan. Jangan ragu memulai bisnis dari awal, pesannya :
1. belajar berpikir strategis
2. tambah wawasan, literasi dan relasi
3. passion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pameran Fotografi Karya Mahasiswa

Menggambar di cup kopi #2